Skip to main content

Rombongan Jamaah Umrah BSTravel Group Tuban, Jawa Timur mengunjungi beberapa tempat bersejarah dalam kehidupan Nabi Muhammad SAW. Salah satunya adalah perkuburan istri Nabi Muhammad SAW yaitu Siti Khadijah, yg berada di Jannatul Ma’la Makkah. Tidak hanya istri Rasulullah, Ulama dan Guru Besar Indonesia yg sangat kita kenal yaitu Alm KH. Maimun Zubair juga dimakamkan disini.

Mbah moen/Kh. Maimun Zubair dikenal sebagai ulama tokoh Nahdlatul Ulama (NU) pada tanggal 6 Agustus 2019, Mbah Maimun meninggal dunia saat menjalankan ibadah haji. Ia meninggal dunia di tanah suci, tempat ia mengimba ilmu saat usia 21 tahun. Ia berada di bawah bimbingan Sayyid Alawi bin Abbas al-Maliki, Syekh al-Imam Hasan al-Masysyath, Sayyid Amin al-Quthbi, Syekh Yasin Isa al-Fadani, Syekh Abdul Qodir al-Mandaly dan beberapa ulama lain. Ia kerap menjadi rujukan ulama Indonesia dalam bidang fiqh karena menguasai secara mendalam ilmu fiqh dan ushul fiqh.

Tiba di TPU Jannatul Ma’la, pemandangan gersang tampak di depan mata. Kuburan di sana tanpa nisan, hanya ditandai dengan batu. Tidak ada nama yang tertulis pada batu itu. Ma’la, sebuah komplek pemakaman kuno yang ada di Kota Mekah. Tak sembarangan orang bisa dimakamkan di Ma’la. Apalagi orang tersebut bukan warga Mekah.

Mengenal lebih Makam Siti Khadijah.

Di sana, kaum perempuan tak dibolehkan memasuki area kuburan kecuali kaum lelakinya. Dikarenakan “Ada hadist Rasulullah yang melarang perempuan berziarah ke kuburan. Itu dijadikan landasan oleh warga Arab Saudi sehingga menjadi adat mereka. Tidak hanya istri pertama Nabi Siti Khadijah saja yg dimakamkan disini, paman Nabi Abu Thalib, dan kakek Nabi Abdul Muthalib juga dimakamkan disini.

Pemakaman ini juga dikenal sebagai makam leluhur Nabi, yakni keluarga besar Bani Hasyim. Menurut informasi Posisi makamnya tepat berada di bawah kaki gunung Assayyidah (bukit Khadijah) menghadap ke kiblat ke arah Masjidil Haram, namun untuk letak makam yang pastinya tidak ada orang yang mengetahui secara pasti dikarenakan di makam tersebut tidak terdapat tanda atau tempat khusus sebagai penanda tempat Siti Khadijah disemayamkan.

Leave a Reply

Close Menu

Bahana Sukses Travel (BST)
Haji Khusus, Umrah & Internasional

Ruko Paramount Center Blok B Kav. 30 Gading Serpong Tangerang, 15820
(Depan Masjid Asmaul Husna)

Phone:
+62 812-2999-123

WhatsApp Sabrina Suftandar:
+62 822-1188-9888

WhatsApp Wawan Suhada:
+62 899-9933-334

WhatsApp Contact Center:
+62 812-2999-123

Email:
ask@bs-travel.id

© 2023 Bahana Sukses Travel (BST) - Haji Khusus, Umrah & Internasional

Open chat
Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.
Terima kasih telah menghubungi BSTravel

Kami siap membantu Bapak/Ibu